9 Manfaat Dan Kandungan Yang Terdapat Pada ASI Eksklusif

ASI (Air Susu Ibu) diproduksi oleh tubuh perempuan dan mampu mengkombinasikan nutrisi sempurna bagi bayi. Di samping sebagai susu eksklusif yang diberikan ibu kepada bayi. ASI juga mengandung tak kurang dari 100 jenis nutrisi.. Berikut manfaat dan kandungan yang terdapat dalam ASI.

Membantu Perkembangan Otak Bayi

klikkabar.com

Pengaruh ASI eksklusif yang diberikan setelah bayi lahir sampai usia tertentu dapat membantu perkembangan otak pada  IQ 6 poin lebih tinggi dibandingkan bayi yang hanya diberi susu formula. Kecerdasan bayi akan lebih optimal pada masa berikutnya, selain karena faktor kondisi Ibu, nutrisi dalam ASI sangat berharga untuk bayi.Betapa tidak, memang demikian istimewa manfaat ASI bagi bayi Anda.

Protein

lagizi.comp

Protein pada ASI umumnya terdiri dari protein whey sebanyak 60 persen dan kasein 40 persen. Sementara itu, jika kandungan protein dalam susu formula lebih banyak mengandung kasein, maka akan lebih susah untuk dicerna. Kedua kadar tersebut perlu diseimbangkan agar dapat diserap tubuh lebih mudah dan memiliki kandungan perlindungan terhadap infeksi.

Keluarnya ASI Baik untuk Kesehatan Sang Ibu

nof.org

Mengembalikan uterus ke ukuran normal salah satunya adalah dengan menyusui. Kemudian, menyusui dapat mengurangi resiko osteoporosis, serta mencegah terjadinya berbagai jenis kanker terutama kanker ovarium dan payudara.

Memberi Daya Tahan

rotana.net

Pemberian ASI merangsang peningkatan daya tahan tubuh pada bayi. Ketika lahir, daya tahan tubuh ini cepat sekali turunnya, sementara daya tahan tubuh pada bayi lambat naiknya. Nah, dengan diberi ASI, bayi mendapat rangsangan daya tahan tubuh, hingga bisa mengembalikan daya tahan tubuhnya. Ini biasanya disebut imunitas aktif dan pasif.

Memberi Rasa Aman

metro.sindonews.com

Kedekatan ibu dan bayi tercurah ketika menyusui,  karena bayi dipeluk dengan penuh kasih dan mendengar detak jantung ibunya. Detak jantung ibu ini yang menenangkan si Bayi. Pernah di rumah sakit ada ruangan yang berisikan bayi yang sedang menangis, kemudian diputarkan audio detak jantung seorang Ibu, sontak bayi tersebut kembali tenang. Ini hanya sekedar audio, bagaimana jika bayi diberi ASI dan terbuai dalam dekapan yang sesungguhnya?

ASI Selalu Tersedia

bayionline.net

Berbeda dengan susu formula yang harus membersihkan botol dan memanaskan air terlebih dulu sebelum memberikan pada anak. Kapanpun buah hati membutuhkan, ibu tinggal mendekap dan memberikan ASI pada bayinya. Kedekatan ini yang mahal, ada sebagian Ibu harus terpaksa kehilanagn momentum semisal ini akibat harus segera keluar rumah mencari pemasukan.

Lebih Baik dari Air Putih

hesca.org

Tidak perlu khawatir bayi dihindarkan dari air putih. ASI merupakan jawaban dari seluruh nutrisi yang dibutuhkan bayi. Kesegaran dan kelezatan sudah terintegrasi dengan ASI yang sejatinya memiliki fungsi setara dengan air putih. Jadi, ibu tidak perlu takut si kecil dehidrasi jika ASI sudah tertunaikan.

Mengurangi Resiko Terkena Alergi

pengobatanalergi.comp

Istilah anak alergi terhadap bermacam hal seakan hal yang biasa, alergi seperti asma, sampai alergi makanan yang menyebabkan kulit gatal-gatal dan kemerahan. Dengan asupan ASI lebih dari 12 minggu, penilaian risiko terjadinya alergi terhadap bayi cenderung lebih rendah dari yang menggunakan susu formula.

Lebih Higienis

id.aliexpress.com

ASI jauh lebih terjamin dan higienis karena ASI langsung diberikan dari ibu dengan suhu yang tepat sesuai untuk kebutuhan sang buah hati. Sementara pada susu formula ada kemungkinan susu tercemar dengan senyawa lain entah itu dari bahan susunya sendiri atau dari alat-alat seperti dot maupun botol.

Leave a Comment